Alasan Memulai bisnis

6 bulan yang lalu    

Assalamualaikum…

Selamat pagi sahabat rusa melintas, kali ini saya sharing tentang alasan/motivasi berbisnis Abon ikan laut. Sebagaimana kita ketahui bahwa semakin kuat sebuah alasan seseorang melaksanakan sesuatu maka semakin kuat pula komitmen terhadap hal tersebut. dan ketika komitmen berusaha itu sudah bulat maka kesulitan akan terasa tantangan bukan sebuah halangan. So, menemukan alasan dalam mengerjakan sesuatu (bisnis), berarti sudah berhasil menemukan faktor pertama dalam kesuksesan. (in my point of view).

berikut beberapa alasan berbisnis Abon Ikan Tongkol RusaMelintas. ada Qoul ulama Ayyub As-Sikhtiani yaitu "الزم سوقك فإنك لا تزال كريماً مالم تحتج إلى أحد ", yang artinya ““Konsistenlah pada usaha dagangmu, karena engkau akan tetap mulia selama tidak bergantung pada orang lain”

 

  1. Kemandirian

Sebagai seorang nelayan murni yang hanya mencari ikan di laut dan tidak menjual langsung kepada konsumen (menjual ke tengkulak) memiliki daya tawar yang rendah dalam penentuan harga, ketika memasuki waktu musim ikan hasil ikan melimpah dan harga anjlok dan nelayan tidak bisa nego harga terlalu lama karena terdesak untuk segera menjual ikannya supaya ikan tidak layu/busuk. (bahasa setempatnya bhuduh). Naah…mempunyai system penjualan sendiri kan lebih kereenn. Betul?

  

  1. Menambahkan nilai Produk

Sebagai seorang mahasiswa manajemen fakultas ekonomi (Hiduppp Mahasiswaaa..!! hehehe…) tentunya pernah atau berkali-kali ikut seminar, pelatihan, workshop ataupun kunjungan perusahaan, pelajaran yang bisa diambil berkaitan dengan acara diatas salah satunya adalah kewirausahaan / entrepreneurship dan menurut saya inti dari pembelajaran entrepreneurship adalah risk taker + creating and adding value. Jargon “merubah sampah menjadi emas” sangat populer bagi entrepreneur. Nahh… berkaitan dengan produk abon ikan ini saya buat ketika pernah mengalami hasil tangkapan melimpah dan harga kelewat murah, maka sangat dibutuhkan industrialisasi hasil laut, Mengolah ikan agar bisa dikonsumsi dalam waktu yang lama, lebih variatif dan tentunya punya nilai lebih. Daann… ikan tongkol adalah ikan yang paling banyak hasil melaut dan paling ideal dibuat abon.

 

  1. Menjadi alternatif ideal bagi nelayan dalam menjual hasil laut

Selain nelayan pemilik kapal, tentunya ada masyarakat pesisir yang ikut melaut menjadi anak buah sang pemilik kapal. Ketika selesai melaut, bagi hasil ikan setelah diambil untuk kebutuhan makan biasanya dijual ke pasar, tentunya dijual dengan harga dibawah pasaran karena pedagang pastinya mengambil keuntungan. dengan adanya rumah produksi RusaMelintas (RPRM), kami membeli dengan harga pasar.

 

  1. Multi efek usaha lain

Salah satu alasan yang paling menguatkan saya dalam menjalani usaha ini adalah efek usaha diluar usaha ini yaitu ternak lele dari limbah ikan berupa organ dalam ikan, dan usaha pakan ternak (ayam dan bebek) dari limbah tulang  dengan dijadikan tepung ikan.  Berusaha memanfaatkan semuanya, Insyallah zero waste. Asyikkan?

Itulah mengapa saya akan teruskan usaha ini sampai tetes darah terakhir. Wkwkwk lebay poll.... intinya pada alasan ke empat ini revenue stream usaha ini banyak dan bagus.

 

  1. Alasan terakhir karena ingin bermanfaat utamanya daerah sekitar

Harapannya dengan adanya rumah produksi rusamelintas bisa memunculkan minat masyarakat / nelayan lain agar bisa mengolah hasil olahakan ikan mejadi lebih bernilai, meningkatkan diri dari yang awalnya hanya nelayan menjadi nelayan + industrinya apalagi sekalian juga pedagangnya. Mangstaappp…!!

 

Itu adalah beberapa alasan mengapa mimilih usaha abon ikan dan semoga segala usaha dan niat baik mendapatkan pertolongan dan diridhoi oleh Allah SWT. Amiinnn…..

Sekian cuap-cuap kali ini dan semoga ada manfaat untuk sahabat Rusa Melintas,

 

Salam FishFood.

Wasalamualaikum War Wab.




Komentar Artikel "Alasan Memulai bisnis "