Taman Nasional BALURAN (Tempat Inspirasi RusaMelintas)

6 bulan yang lalu    

Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka kenalan. Eh… tak kenal maka tak sayang. So Let’s me tell about my hometown. Situbondo. espesially Baluran : Africa van java. Ntar klo dah kenal ama Si rusa, si Banteng dan si Merak di Baluran, kali aja ellu bakal sayang ama mereka. We care about animal kan? Betuuull..?

Gue terlahir di negeri yang paling indah di dunia, semua sepakat bahwa alam negeri Indonesia adalah penggalan surga. Zamrud khatulistiwa semua menyebutnya. Indonesia kalo g salah punya lima puluh taman nasional, wuihh…!! keren banget kan alam Indonesia..!? Naahhh… salah satu dari taman nasional itu adalah baluran, biasa disebut Africa Van Java atau Africa nya jawa.  Kok bisa di sebut Africa van java yaa?

Papan TN baluran

Bgini ceritanya….  Bentar…2x,  gue Tanya dulu, ellu udah pernah ke afrika belon?? Lah… itu masalahnya ellu belon tahu afrika sih, tapi tenang masalah kita sama, gue belum pernh ke afrika juga. Hehe… pisss..!! tapi katanya afrika itu punya 4 jenis dataran; padang pasir yang panas, tanah kering yang tandus, hutan hujan yang lebat dan padang savana yang hijau. Dan untuk baluran itu Ada padang savanna, ada pantai, dan ada gunung. Semuanya kalo dijejalahi dalam satu hari. Ibarat kata pepatah, sekali mendayung, dua tiga hari capeknya gak ilang-ilang. Hehe…


Dah dua kali saya mengunjungi baluran yang pertama waktu abis musim kemarau dan awal musim hujan, kalo dari rumahku daerah besuki tepatnya desa ketah. Dari terminal besuki kabupaten situbondo langsung aja lurus terus tanpa pakek belok ke arah timur sekitar dua jam sampek entar lewat hutan lebat dan panjang, ntar ada huruf besar bertuliskan “T.N .B.A.L.U.R.A.N”.  ini dia fotoku dan teman2 ku. Lebih tepatnya adik-adik tingkatku di fakultas ekonomi UM. *Harap dimaklumi karena habitat bereka emang hutan, jadi kegirangan klo diajak ke hutan. 

 

TN BALURAN itu kependekan dari Taman Nak-kanak BALURAN. tempat dimana nak-kanak nik-kenik dan nuk-kunuk belajar dan bermain. Hehe…

Klo dah nyampek tulisan tersebut, laahh itu dah hampir nyampek pintu gerbang baluran, jalan aja terus tanpa belok kalo ntar ada tulisan “Selamat Datang Di Kabupaten Banyuwangi” dah kelewatan itu, puter balik dikit ntar kelihatan pintu gerbang TN baluran.

Jreennggg….!! Itu dia plang dan pintu gerbang Taman Nasional BALURAN. Pemuda di photo tersebut adalah Situbondo Marketer. Dia yang akan menjual situbondo, ehh.. maksudnya yang akan menjual potensi situbondo. Dia yang akan mengkomunikasikan seluruh potensi kepada seluruh Indonesia dan dunia hingga nanti ada  wisatawan dan investor yang akan masuk di kawasan daerah situbondo. He adalah a dreamer, thinker n actioner. Bener g englishnya tuch…!! Hahaha… (biasa English temor)

Gue dan adik-adik berlibur ke baluran pakek mobil, sayangnya gue suruh jadi sopir ama mereka, Capek bener dah…. Tapi g papa… yg tua harus menyayangi yang muda. Olrait?? Sekitar 2 jam perjalanan dan photo2 geje, akhirnya kami sampai di Baluran. Tiket masuk setelah 8 ribu /orang dan 4 ribu untuk mobilnya. Itu mah Murah pakek banget, iya kan..?? 8 ribu klo makan di restoran di kota besar kayak Malang itu Cuma dapet nasi putih ama kerupuk doang, dan 4 ribu kalo parkir mobil di mall itu Cuma bisa buat 2 jam doang, 4 ribu kalo di baluran, parkir 2 bulan pun g papa. Tapi g ada parkiran mobil disana yang banyak parkiran sapi dan rusa. Hehe… dijamin g bakal nyesel nikmati salah satu taman nasional dengan harga segitu. G sebanding ama keindahan yang akan dinikmati. Worth it..!!.

Dari pada ntar salah jelasin atau dibilang lebay, gue searching and surfing the web about baluran dan gue nemuin web resminya, ini web nya www.balurannationalpark.web.id  menurut web resmi tersebut luas baluran sekitar 25.000 hektar. Luas segitu kalo dibuat kolam renang, yakin dah pada mampus atlet renangnya tuh. Hehehe. Baluran itu 40%-nya merupakan ekosistem savanna yang alami dan dan terluas di Pulau Jawa. Pantes kan klo disebut Africa van java…!! Jadi memang Baluran ini terkenal sama padang rumput Savana-nya. Namun, tidak hanya savanna, hampir semua tipe hutan terdapat di sini, mulai dari Hutan Pantai, Hutan Mangrove, Rawa Asin, Hutan Payau, Hutan Hujan Pegunungan, Hutan Musim, Padang Lamun, dan Gugusan Terumbu Karang. Pokoknya lengkap banget deh, Padang rumput, hutan, Pantai, Laut dalam satu lokasi. Amazing kan?? Udahlaahhh… don’t be ragu tuk ngunjungin taman nasional ini.

 

Banyak orang menyebut Taman Nasional Baluran adalah miniatur hutan Indonesia karena hampir semua tipe hutan terdapat di Taman Nasional Baluran.

Untuk flora-nya, katanya sih ada lebih dari 444 species flora yang meliputi 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan penghasil obat dan 37 jenis tumbuhan yang hidup pada ekosistem Mangrove. Untuk Fauna sendiri dikelompokkan ke dalam ordo mamalia (28 jenis), aves (189 jenis), pisces, dan reptilia. Mamalia besar khas di TN Baluran adalah banteng, kerbau liar, rusa, kijang, babi hutan, macan tutul, kucing batu, ajag ( Cuon alpinus ), kera ekor panjang, lutung, merak hijau, ayam hutan merah, rangkong dan banyak lagi. Udah pantes banget kan di sebut hutan konservasi alias hutan lindung melindungi dan Ntar gue mau usul ke pengurus baluran biar import gajah dari thailand, juga import singa dari Africa skalian juga jerapahnya ntar ellu terkecoh seraya mengira Africa udah buka cabang di Situbondo. Dan kalo untuk tarzannya g usah import, gue aja dah yang jadi tarzannya, AAAAAUUUUOOOO…..!! hahaha…. :-D

Setelah nyampek di depan pintu gerbang baluran, terus masuk ntar belok kiri untuk tempat beli tiketnya, beli tiket yaa... jangan modal badan aja..!! kasian baluran kan, kalo  kalian g bayar ntar sapa yang kasih makan si banteng dkk dan siapa juga yang menjaga dan memperbaiki fasilitas-fasilitas di Taman Nasional satu ini. Dideket tempat tiket tersebut terdapat museum baluran, disana ada fosil/rangka banteng, rusa, kelelawar, celeng, burung dll. Dan di deket museum juga ada tempat oleh-oleh marchendise khas baluran dan khas situbondo. Sempatkan beli oleh-oleh walau satu biar yang lain pada tahu kalo udah dari baluran situbondo. Dan di deket pintu masuk, ada beberapa kuda sekaligus pilotnya, kali aja mau nyoba. Kalo mau nyoba berkuda, dan untuk harganya sayapun tak begitu tahu, nego aja dah..!!  kalo aku sih takut berkuda. Xixixi… Kalo udah liat museum dan beli-beli, barulah petualangan di taman nasional dimulai.

Abis beli tiket, kita masuk ke hutan baluran. Tujuan pertama yaitu POS BEKOL. Sepanjang perjalanan selalu terlihat di kanan-kiri penuh dengan tumbuhan yang lebat, hijau dan rindang (terlebih di evergreen) sungguh sangat memanjakan mata, namun sayang jalannya yang cukup rusak mengurangi kenyaman berkendara. Setelah menempuh perjalanan kira2 45 menit sampailah kami pada savanna BEKOL yang penuh akan rumput luas sejauh mata memandang. Tapi ingat..!! perjalanan 45 menit itu naik mobil loh yaa.. bukan naek becak apalagi odong2. ;-)

 

 

  

Setelah puas bermain-main dan berfoto2 di savanna bekol, kita melanjutkan perjalanan selanjutnya yaitu pantai bama. Karena keasyikan bermain, baru terlalu terasa lapar. Karena saking semangatnya tadi sarapan paginya di “skip”. Adek-adek sudah mulai membuka makanan yang mereka bawa lalu segera memakannya ku lihat sepertinya cadangan makanan yang mereka bawa sedikit tapi aku tenang-tenang saja kalo nanti bekal habis dan mereka masih kelaparan, Alhamdulillah, savanna bekol sudah mulai tumbuh dan menghijau. Hehehe…

 

Akhirnya setelah sekitar 1 jam dr bekol sampailah kita pada BAMA beach. Pantai yang masih asri, tak banyak dikunjungi manusia. Pantainya tenang pasirnya putih kalo tak bandingin pasir putih di Mlandingan masih putih pasir di BAMA. Sayangnya banyak pengacau ketenangan di BAMA yaitu si Monkey nakal. Ada yang duduk santai di pohon bakau sambil ngetweet dan update status Fb, ada juga yang naik ke mobil. Ada yang bergerilya menuju pengunjung. Pas kami bawa makanan langsung di samperin ama monkey nakal, jadi harus di sembunyi’in ntuh aneka makanan. Hehe..

Ombak Di pantai bama cukup tenang, terlihat ada beberapa orang yang ber-kano ria, ada juga yang snorkeling, ada juga yang Cuma bermain pasir dan berlarian di pohon bakau. Langsung saja diriku jalan-jalan ke laut dan ternyata aku bertemu dengan si bintang “patrik” dalam film spongebob tapi berwarna biru. Disekitar terlihat pantai laut yang sangat biru. “how blue I can feel here in  Bama beach” Ya..Allah Makasih atas rahmat karunia laut yang sangat indah ini, ku kan slalu menjaga nikmatmu ini.

 

Detik demi detik berlalu, hari sudah larut sore waktu bermain sudah habis, meski rasa hati masih ingin berlama-lama. Berencana menginap di penginapan BAMA. Sayang memang waktunya mereka segera pulang menuju asal kampong masing-masing malam hari ini juga. Sebelum akhirnya pulang, kami sempatkan foto-foto di fosil banteng dan rusa di savannah bekol dan bermain di rumput hutan menuju evergreen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Taman Nasional BALURAN (Tempat Inspirasi RusaMelintas)"